Sepatu rem atau kanvas rem merupakan komponen penting yang digunakan untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Komponen ini harus kuat menahan gaya gesek dan panas yang berlebih,
Ketika pengemudi menekan pedal rem, tekanan hidrolik dari silinder roda menekan sepatu rem , dan seterunnya menekan tromol rem, sehingga menghasilkan gesekan yang mengubah energi kinetik menjadi panas. Sepatu rem berbentuk busur menyesuaikan dengan permukaan tromol rem. Kampas rem berbahan khusus terikat (dilem) atau terpaku pada sepatu rem.
Bahan tambah kanvas rem.
Bahan tambahan pada kanvas rem harus dapat melayani berbagai fungsi. Dengan perbedaan kurang dari dua persen dengan kata lain konsentrasi bahan tambah dapat mempengaruhi kinerja dari sistem rem, sehingga kontrol komposisi menjadi sangat penting. Komposisi aditif kanvas rem dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi sebagai berikut:
Abrasives.
Abrasive membantu menjaga kebersihan permukaan gesekan dan mengendalikan penumpukan lapisan gesekan. Mereka juga meningkatkan gesekan, terutama ketika memulai pengereman.
Aluminum oxide
Bentuk terhidrasi ditambahkan sebagai agen polishing.
Ketahanan aus, tetapi dapat menghasilkan fading.
Besi oksida silika hydrous bentuk zirkonium silikat kuarsa menyatu sangat keras dan merupakan bentuk yang paling kasar.
Iron oxides
Bijih besi (FezOs) dapat bertindak sebagai abrasif ringan dan juga FeSO4) Quartz Partikel mineral hancur (SiO2)
Silica
Diproduksi secara alami atau sintetis (SiO2) Zirconium Silicate (ZrSi04)
Pembentuk film gesekan.
Bahan-bahan yang bersifat melumasi, meningkatkan gesekan, atau bereaksi dengan oksigen untuk membantu mengendalikan film antar permukaan yang bergesekan.
Antimony trisulfide
Pelumas padat ditambahkan untuk meningkatkan stabilitas gesekan, melumasi pada suhu > 45O°C, & berpotensi beracun
Brass
Untuk meningkatkan koefisien gesekan pada kondisi basah terdiri dari : 62% Cu - 38% Zn
Carbon (graphite)
murah dan banyak digunakan, tetapi ada banyak bentuk dan sumber, beberapa di antaranya dapat mengandung kontaminan abrasif, terbakar di udara pada tmperatur lebih dari 700°C, tingkat gesekan dipengaruhi oleh kelembaban dan struktur.
Ceramic “microspheres”
Produk khusus yang terdiri dari alumina-silika dengan besi atau oksida titanium, ukuran IO-350 ym, untuk mengurangi keausan tromol dan kontrol gesekan, juga menyerap debu rotor, 5-l 0% vol. Copper Digunakan untuk mengontrol pemindahan panas tetapi dapat menyebabkan pemakaianbesi cor berlebihan.
“friction dust”
Umumnya terdiri dari resin, memiliki bahan dasar karet, beberapa aditif yang digunakan untuk mengurangi pembakaran spontan atau membantu dispersi partikel. “friction powder’ Terdiri dari spons Fe, misalnya untuk pad rem semi-logam, sejumlah nilai partikel yang berbeda (ukuran) yang tersedia tergantung pada persyaratan untuk luas permukaan, aplikasi kendaraan tugas ringan-menengah-berat.
Lead oxide
PbO telah digunakan sebagai pembentuk gesekan, namun memiliki masalah toksisitas Metals - fluxing compounds Pb, Sb, Bi, MO, sebagai senyawa fluks berfungsi sebagai penyerap oksigen untuk menstabilkan gesekan dan membantu untuk menjaga dari kontruksi yang terlalu tebal
Metal oxides
Magnetit (Fe304) meningkatkan gesekan dingin, ZnO melumasi tetapi dapat menyebabkan tromol ter poles, Cr203 dapat meningkatkan koefisien gesek. Metal sulfides Cu2S, SB2S3, studi menunjukkan efek bahan tambahan pada pad rem dengan dan tanpa serat logam; memodifikasi dan menstabilkan koefisien gesekan, tertinggi ~ 1 untuk Sb (0,47-0,49), PbS berikutnya (0,40-O-47), sebagian variabel Cu (0,36-0,52) - pakai terburuk bagi Cu-S
Metal sulfides
PbS merupakan aditif pelumas yang lembut dan padat (2-8% berat) dengan produk dekomposisi termal, untuk mengurangi keausan pad dan tromol dan mengurangi kebisingan, MOS2 lebih mudah melekat pada permukaan logam dari grafit dan memiliki suhu yang tinggi. ZnS adalah pelumas padat direkomendasikan untuk beban dan suhu tinggi.
Mineral fillers (mullite, kyanite, sillimanite, alumina, crystalline silica)
Mullite, kyanite, sillimanite yang rapuh dan mengontrol perilaku gesekan dan juga mengendalikan keausan .
Molybdenum disulfide
(MoS2), lapisan khas jenis pelumas.
Petroleum coke
Harga yang murah, dapat menurunkan gesekan, debu yang rendah.
Pengisi.
Pengisi digunakan untuk mempertahankan komposisi keseluruhan bahan gesekan, dan beberapa memiliki fungsi lain. Bahan pengisi bisa dari logam, paduan, keramik, atau bahan organik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar