ECU akan mengirimkan perintah berupe tegangan dengan nilai tertentu. Besar nilai ini akan mempengaruhi besar kecilnya katup ISC membuka. Besaran tegangan ini, diperoleh dari serangkaian perhitungan didalam ECU dari berbagai data dari sensor.
Ketika mesin hidup, sensor TPS akan mengirimkan sinyal yang menunjukan katup dalam posisi tertutup. Sinyal yang dikirimkan, berupa tegangan dengan besaran antara 0 hingga 5 volt. Pada posisi katup tertutup rapat, maka tegangan yang dikirimkan sensor menyentuh 4,9 Volt. Saat katup terbuka maka tegangan sinyal akan semakin turun.
Jika tegangan sinyal TPS berada pada 4,8-4,9 Volt maka ECU akan menyimpulkan katup gas dalam posisi tertutup atau mesin berada pada kecepatan idle. Maka tegangan ke ISC valve siap dikirimkan.
Namun, ECU perlu data dari sensor lain untuk mengetahui berapa besaran tegangan ISC yang tepat sesuai kondisi mesin. Maka sensor MAP akan mengirimkan tegangan sinyal yang menunjukan beban mesin, ECT akan mengirimkan tegangan sinyal yang menunjukan suhu mesin, dan Refrigerant pressure sensor akan mengukur tekanan freon untuk mengetahui beban mesin terhadap kompresor.
Untuk pengolahan atau kalkulasi didalam ECU, tidak kita ketahui secara pasti karena didalam ECU tegangan sensor tersebut akan diolah oleh serangkaian IC yang terintegrasi satu sama lain. Jadi, ECU berisi beberapa transistor dan IC. Sehingga kita akan terlalu rumit untuk membahas hingga kedalam IC tersebut.
Namun intinya, ECU akan menkalkulasi data dari sensor tersebut dan hasilnya berupa output tegangan dengan value tertentu. Dalam sistem ini ada dua aktuator yang berperan, yakni injektor untuk menyuplai bensin dengan volume yang pas dan ISC valve untuk mengatur udara dengan volume yang pas.
Bagaimana ISC Valve menerjemahkan tegangan perintah dari ECU ?
ISC valve akan mengubah tegangan listrik yang diperoleh dari ECU ke gerakan mekanis. Gerakan ini akan dihubungkan pada sebuah katup yang bisa mengatur besar kecilnya saluran idle.
Secara umum, ada dua macam idle speed actuator, yakni ;
1. Tipe Duty Cycle
Tipe ini, menggunakan solenoid untuk mengubah tegangan listrik dari ECU ke arah gerakan maju mundur. Solenoid ini terletak pada sebuah poros yang terhubung dengan valve, valve ini bekerja layaknya sekrup saluran idle pada karburator. Dimana gerakan kebelakang akan memperbesar saluran idle sehingga jumlah udara yang masuk ke intake menjadi semakin besar.
Pada posisi normal, katup ini akan menutup saluran idle. Ketika mesin hidup pada posisi idle, tegangan dari ECU akan membuat kemagnetan pada solenoid yang akan menarik poros dan membuka saluran idle. Besarnya pembukaan katup, dipengaruhi kekuatan solenoid yang melawan pegas. Sementara besarnya kekuatan solenoid dipengaruhi tegangan yang masuk ke solenoid.
2. Tipe Stepper Motor
Tipe berikutnya tidak memakai gerakan maju mundur secara langsung, memang prinsipnya sama yakni dengan pergerakan kebelakang untuk membuka saluran idle. Namun, pembukaan katup ini dilakukan oleh putaran motor. Sebuah motor diletakan pada poros katup. Poros ini memiliki ulir sehingga ketika motor berputar, katup akan bergerak membuka saluran idle.
Sinyal ECU pada tipe ini berbeda dengan tipe sebelumnya, dalam hal ini ada empat buah kabel yang dipakai untuk kontrol close dan open.
Untuk nilai teganganya juga tetap, tidak seperti tipe duty cycle yang bervariasi. Untuk mengatur besar kecilnya saluran idle dipakai timer voltage, dengan mengatur berapa lama motor stepper berputar. Jika putaran motor berlangsung lama maka saluran idle akan terbuka lebar, begitu pula sebaliknya.
Dan sensor terakhri, yang juga berpengaruh adalah sensor engine speed atau CKP. Memang, sensor ini dipakai untuk timming penyalaan dan penyemprotan busi. Tapi data dari CKPs juga dipakai sebagai feedback RPM yang dihasilkan oleh sistem ISC. Dari sensor inilah ECU mengoreksi kinerja ISC valve. Jika hasil pembacaan CKPs berbeda dengan perintah yang dikeluarkan oleh ECU ke ISC maka lampu check engine akan menyala.
Hal itu mengindikasikan adanya masalah pada katup IAC. Katup ini mungkin bisa diperbaiki karena pada dasarnya sama seperti motor lain. Tapi jika element motor sudah mengalami high resistance, hal itu akan sedikot menyulitkan. Demikian artikel lengkap mengenai cara kerja sistem ISC pada mesin EFI semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar